Silabus



Nama Mata Kuliah   : Perencanaan Pembelajaran
Kode                         : 02.03.07.6.2010

Bobot                        : 2 SKS
Semester                   : V
Prasyarat                   : Mahasiswa telah mengikuti Strategi Pembelajaran
Dosen                        : Dr. Yonas Muanley, M.Th.
PT                             : STT IKSM Santosa Asih

STANDAR KOMPETENSI (Tujuan Mata Kuliah)

Standar Kemampuan merupakan perubahan yang diharapkan terwujud dalam diri mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah "Perencanaan Pembelajaran PAK". Dengan kata lain, tujuan yang hendak dicapai dalam mata kuliah ini yaitu "mahasiswa mampu apa" atau "bisa apa"? dari mata kuliah ini. Bagian ini tidak bermaksud mengabaikan "tahu apa" dari mata kuliah ini, tetapi yang diharapkan adalah "tahu apa" harus diwujudkan dalam kemampuan yang teramati yang dirumuskan dengan kata kerja "bisa apa" (perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik) yang berhubungan dengan mata kuliah "STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN (AGAMA) KRISTEN. Berdasarkan dasar "epistemologi" ini maka rumusan STANDAR KOMPETENSI dari Mata Kuliah ini dirumuskan sbb:

Mahasiswa mampu berwawasan yang memadai dalam merancang pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan menunjukkan kebiasaan mengajar PAK secara terencana.


KOMPETENSI DASAR:
Untuk mencapai SK diatas, maka SK dipecahkan dalam beberapa kompetensi dasar:
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
2. Mampu menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistem
3. Mampu menjelaskan perencanaan pembelajaran dalam konteks KBK dan KTSP
4. Mampu mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
5. Mampu membuat pengembangan silabus PAK
6. Mampu membuat RPP PAK
7. Mampu membuat Bahan AJar PAK
8. Gemar membuat rancangan pembelajaran sebelum melakukan kegiatan Pembelajaran PAK
INDIKATOR HASIL BELAJAR MK PPdPAK:
  1. Menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
1.1.Dasar Teologis
1.2.Dasar Teoritis
2. Menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistem
3. Menjelaskan perencanaan pembelajaran dalam konteks KBK dan KTSP
4. Mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
5. Membuat pengembangan silabus PAK
6. Membuat RPP PAK
7. Membuat Bahan Ajar PAK
8. Menunjukkan kesenangan membuat rancangan sebelum melakukan pembelajaran

MATERI KULIAH:

1. Hakikat Perencanaan
2. Perencanaan Pembelajaran Sebagai Sistem
3. Perencanaan Pembelajaran dalam konteks KTSP
4. Model-model perencanaan Pembelajaran
5. Pengembangan Silabus
6. Pembuatan RPP (sesuai jumlah pertemuan)
7. Membuat Bahan Ajar (Modul): Mahasiswa diharuskan membuat Bahan Ajar Online berbasis
    halaman-halam website: Blogger, Wordpress dan webnode.

SISTEM PENILAIAN:
1. Partisipasi dan Kehadiran        : 10 %
2. Tugas Membuat RPP               : 25 %
3. Tugas Membuat Bahan Ajar    : 25 %
4. Presentasi                               : 20 %
5. UAS                                      : 20 %    Selanjutnya akan disepati dalam kontrak pembelajaran

BUKU-BUKU SUMBER:

1.      Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta : Bumi Aksara, 2002
2.      A. Tresna Sastrawijaya, Pengembangan Program Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1991
3.       Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1997
4.      Atwi Suparlan, Desain Instruksional, Dirjen Dikti Depdikbud, 1993
5.      Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi guru, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005
6.      Refrensi lain yang serumpun
Share:

2 komentar:

  1. shalom. terimakasih atas tulisan bapak yang sangat bagus ini, saya sangat di berkati. Tuhan Yesus memberkati bapak selalu.

    BalasHapus
  2. Casino | Dr.MCD
    All 창원 출장안마 you need to know about the Casino is 평택 출장마사지 that the 서산 출장안마 gaming floor is 남양주 출장마사지 a vast area with some of the best gaming and gaming May 28, 2020 · Uploaded by 시흥 출장마사지 Dr.MCD

    BalasHapus