Nama Mata Kuliah :
Perencanaan Pembelajaran
Kode
: 02.03.07.6.2010
Bobot
: 2 SKS
Semester
: V
Prasyarat
:
Mahasiswa telah mengikuti Strategi Pembelajaran
Dosen
:
Dr. Yonas Muanley, M.Th.
PT
: STT IKSM Santosa Asih
STANDAR KOMPETENSI (Tujuan Mata
Kuliah)
Standar
Kemampuan merupakan perubahan yang diharapkan terwujud dalam diri mahasiswa
setelah mengikuti mata kuliah "Perencanaan Pembelajaran PAK". Dengan
kata lain, tujuan yang hendak dicapai dalam mata kuliah ini yaitu
"mahasiswa mampu apa" atau "bisa apa"? dari mata kuliah
ini. Bagian ini tidak bermaksud mengabaikan "tahu apa" dari mata
kuliah ini, tetapi yang diharapkan adalah "tahu apa" harus diwujudkan
dalam kemampuan yang teramati yang dirumuskan dengan kata kerja "bisa
apa" (perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik) yang berhubungan
dengan mata kuliah "STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN (AGAMA) KRISTEN.
Berdasarkan dasar "epistemologi" ini maka rumusan STANDAR KOMPETENSI
dari Mata Kuliah ini dirumuskan sbb:
Mahasiswa mampu berwawasan yang
memadai dalam merancang pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan menunjukkan
kebiasaan mengajar PAK secara terencana.
KOMPETENSI DASAR:
Untuk mencapai SK diatas, maka SK
dipecahkan dalam beberapa kompetensi dasar:
1. Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian perencanaan pembelajaran
2. Mampu menjelaskan perencanaan
pembelajaran sebagai suatu sistem
3. Mampu menjelaskan perencanaan pembelajaran
dalam konteks KBK dan KTSP
4. Mampu mengembangkan model-model
perencanaan pembelajaran
5. Mampu membuat pengembangan
silabus PAK
6. Mampu membuat RPP PAK
7. Mampu membuat Bahan AJar PAK
8. Gemar membuat rancangan
pembelajaran sebelum melakukan kegiatan Pembelajaran PAK
INDIKATOR HASIL BELAJAR MK PPdPAK:
- Menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
1.1.Dasar Teologis
1.2.Dasar Teoritis
2. Menjelaskan perencanaan
pembelajaran sebagai suatu sistem
3. Menjelaskan perencanaan
pembelajaran dalam konteks KBK dan KTSP
4. Mengembangkan model-model
perencanaan pembelajaran
5. Membuat pengembangan silabus PAK
6. Membuat RPP PAK
7. Membuat Bahan Ajar PAK
8. Menunjukkan kesenangan membuat
rancangan sebelum melakukan pembelajaran
MATERI KULIAH:
1. Hakikat Perencanaan
2. Perencanaan Pembelajaran Sebagai
Sistem
3. Perencanaan Pembelajaran dalam
konteks KTSP
4. Model-model perencanaan
Pembelajaran
5. Pengembangan Silabus
6. Pembuatan RPP (sesuai jumlah
pertemuan)
7. Membuat Bahan Ajar (Modul):
Mahasiswa diharuskan membuat Bahan Ajar Online berbasis
halaman-halam website: Blogger, Wordpress dan webnode.
SISTEM PENILAIAN:
1. Partisipasi dan
Kehadiran : 10 %
2. Tugas Membuat
RPP
: 25 %
3. Tugas Membuat Bahan
Ajar : 25 %
4.
Presentasi
: 20 %
5.
UAS
: 20 % Selanjutnya akan disepati dalam kontrak
pembelajaran
BUKU-BUKU SUMBER:
1.
Oemar Hamalik, Perencanaan
Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta : Bumi Aksara, 2002
2.
A. Tresna Sastrawijaya, Pengembangan
Program Pengajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1991
3.
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta :
Rineka Cipta, 1997
4.
Atwi Suparlan, Desain Instruksional,
Dirjen Dikti Depdikbud, 1993
5.
Abdul Majid, Perencanaan
Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi guru, Bandung : Remaja Rosda
Karya, 2005
6.
Refrensi lain yang serumpun
shalom. terimakasih atas tulisan bapak yang sangat bagus ini, saya sangat di berkati. Tuhan Yesus memberkati bapak selalu.
BalasHapusCasino | Dr.MCD
BalasHapusAll 창원 출장안마 you need to know about the Casino is 평택 출장마사지 that the 서산 출장안마 gaming floor is 남양주 출장마사지 a vast area with some of the best gaming and gaming May 28, 2020 · Uploaded by 시흥 출장마사지 Dr.MCD